HOME

6/02/2012

Pengaruh Sinar Matahari Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman


Pengaruh Sinar Matahari Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman 
 
2.1  Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan
Pertumbuhan adalah ukuran ( Massa, Panjang ) secara kuantitatif yang dihasilkan dari pertumbuhan jumlah sel dan bersifat irreversibel (tidak dapat kembali). Perkembangan adalah proses maju kedewasaan secara kuantitatif terhadap pengembangan tubuh organisme.
2.2  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan.
  1. Unsur Hara dalam Tanah
Tumbuhan membutuhkan berbagai unsur hara yang tersimpan dalam tanah. Semua unsur hara tersebut digunakan sebagai komponen penyusun zat organik di dalam sel.
  1. Air
Air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi tumbuhan. Air diperlukan tumbuhan sebagai media berlangsungnya reaksi kimia di dalam sel, komponen dasar pembentukan zat makanan, dan membantu mengedarkan zat makanan ke seluruh bagian tubuh.
  1. Suhu
Pada dasarnya, suhu yang dibutuhkan tumbuhan selama pertumbuhannya dan perkembangannya berbeda-beda,  bergantung pada jenis tumbuhan dan tempat hidupnya.
  1. Kelembapan Udara
  2. Oksigen (O2)
Oksigen dibutuhkan tumbuhan untuk memecah zat-zat makanan yang mereka buat sehingga menghasilkan senyawa sederha dan sejumlah energi.
  1. Tingkat Keasaman dan Basa
  2. Cahaya
Merupakan faktor utama sebagai energi dalam fotosintesis, untuk menghasilkan energi. Kekurangan cahaya akan mengganggu proses fotosintesis dan pertumbuhan, meskipun kebutuhan cahaya tergantung pada jenis tumbuhan. Kekurangan cahaya pada saat pertumbuhan berlangsung akan menimbulkan gejala etiolasi, dimana batang kecambah akan tumbuh lebih cepat namun lemah dan daunnya berukuran lebih kecil, tipis, pucat.
Pengaruh cahaya bukan hanya tergantung kepada fotosintesis (kuat penyinaran) saja, namun ada faktor lain yang terdapat pada cahaya, yaitu berkaitan dengan panjang gelombangnya.  Penelitian yang dilakukan oleh Hendrick dan Berthwick pada tahun 1984, menunjukkan cahaya yang berpengaruh terhadap pertumbuhan adalah pada spectrum merah dengan panjang gelombang 660 nm.
Percobaan dengan menggunakan spectrum infra merah dengan panjang gelombang 730 nm memberikan pengaruh yang berlawanan. Substansi yang merespon spectrum cahaya adalah fitakram suatu protein warna pada tumbuhan yang mengandung susunan atom khusus yang mengabsorpsi cahaya.
2.3  Hormon pada Tumbuhan yang Mempengaruhi pada Percobaan Penulis
·         Auksin
Auksin sangat peka terhadap sinar matahari. Apabila terkena sinar matahari maka auksin akan rusak. Hal tersebutlah yang menyebabkan pembongkaran ujung batang tanaman karena, bagian batang tanaman yang terkena sinar matahari auksinnya rusak maka akan terhenti pemanjangannya, sementara bagian lainnya akan terus memanjang sehingga tanaman bengkok.
Jaringan penghasil pada tunas apikal, daun muda embriu dalam sel merangsang perpanjangan sel batang dan merangsang pertumbuhan sel akar, differensiasi, perhubungan, dominasi tunas apikal, perkembangan bakal buah, fototropisme dan gravitropisme.
2.4  Klasifikasi Kacang Hijau ( Phaseolus Aureus )
Nama umum
Indonesia        : Kacang hijau
Cina                 : Chi Xiao Dou
Kingdom               : Plantae ( Tumbuhan )
Subkingdom          : Tracehobionta ( Tumbuhan Berpembuluh )
Super Devisi          : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )
Divisi                     : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )
Kelas                     : Magnoliopsida ( Berkeping dua / dikotil )
Sub Kelas              : Rosidae
Ordo                      : Fabales
Famili                    : Fabaceae ( Suku Polong-Polongan )
Genus                    : Phaseolus
Spesies                  : Phaseolus aureus
2.5  Alat dan Bahan
  1. Aqua gelas
  2. Penggaris
  3. 12 biji kacang hijau
  4. Air
  5. Cahaya matahari
  6. Kapas
  7. Corong berlubang
  8. Corong tertutup
2.6  Langkah Kerja
  1. Menyiapkan alat dan bahan
  2. Memasukkan kapas ke dalam aqua gelas lalu memberinya sedikit air.
  3. Menanam 4 biji kacang hijau ke setiap aqua gelas dan meletakkannya ke 3 tempat yang berbeda intensitas cahaya. Untuk gelas aqua yang terkena cahaya melalui celah-celah digunakan corong yang berlubang untuk menutupnya. Untuk gelas aqua yang tidak terkena cahaya digunakan corong tertutup untuk menutupnya.
  4. Menyirami tanaman kacang hijau setiap hari.
  5. Mengukur tinggi tiap-tiap tanaman kacang hijau setiap hari.
  6. Mengamati perbedaan-perbedaan yang terjadi antara tanaman di aqua gelas 1,2, dan 3 misalnya tingginya.
  7. Mencatat hasil pengukuran dan pengamatan kedalam tabel penelitian
2.7  Tabel Hasil Pengamatan
Hari, tanggal Waktu (WIB)
Cahaya langsung
Melalui Celah
Tertutup
Kamis (16.00)
20 Januari 2011
Menanam
Menanam
Menanam
Jum’at (16.00)
21 Januari 2011
0,5 cm
1 cm
1,2 cm
Sabtu (16.00 )
22 Januari 2011
1,2 cm
1,8 cm
2 cm
Minggu ( 16.00 )
23 Januari 2011
2 cm
2,3 cm
4 cm
Senin 9 16.00 )
24 Januari 2011
2,5 cm
2,8 cm
4,5 cm
Selasa (16.00)
25 Januari 2011
3 cm
3 cm
7 cm

2.8  Pembahasan
Penulis melakukan pengamatan langsung terhadap pertumbuhan kacang hijau yang ditanam di tempat yang berbeda-beda. Tempat I terkena  cahaya langsung, tempat II melalui celah dan tempat III tertutup. Pengamatan tersebut dilakukan selama 6 hari dan pertumbuhannya sesuai dengan tempat dimana kacang hijau ditanam.
Tempat I pertumbuhannya paling bagus dibandingkan dengan pertumbuhan ditempat yang lainnya, karena mendapatkan cahaya secara maksimal. Di lain pihak, cahaya memperlambat pertumbuhan karena dapat menguraikan zat tumbuh (auksin) sehingga pertumbuhan meninggi terhambat.
Tempat II pertumbuhannya lebih cepat daripada pertumbuhan di tempat I, namun pertumbuhannya tidak sebaik tempat I ( batangnya berwarna kuning dan daunnya berwarna hijau kekuning-kuningan). Itu disebabkan karena cahaya yang diperoleh sedikit kekurangan cahaya akan mengganggu fotosintesis dan pertumbuhan. Batangnya cenderung bengkok ke arah datangnya cahaya.
Tempat III pertumbuhannya paling cepat dibandingkan dengan pertumbuhan di tempat yang lainnya dengan ruas-ruas yang panjang namun lemah serta pembentukan klorofil pada daun terhambat, sehingga daun tampak tidak hijau (pucat). Pertumbuhan yang cepat dalam kondisi gelap disebut etiolasi.

0 comments: